Pengalaman Adalah Ilmu yang paling berharga

Barner


Advertise 468 x 60

Sunday, October 2, 2011

On 7:41 AM by Admin in    No comments




Setiap kali Honda meluncurkan generasi baru Civic, maka sebagian pecinta fanatiknya langsung kusak-kusuk berburu informasi seperti apakah Civic Type R-nya. Demikian pula yang terjadi di generasi Civic terbaru kali ini. 

Karena itulah, Honda merancang 'superhatch' yang mengalirkan peforma menggigit dari mesin berkapasitas sama seperti pendahulunya, 2.0liter dengan produksi daya maksimal 200hp. Sosok body agresif, rendah dan lebar akan tampil perdana di Geneva Motor Show, sebelum dipasarkan mulai awal 2007 dengan harga sekitar £18,000. Civic Type R dibuat di Inggris. 

Civic Type R tidak menggunakan turbo, seluruhnya normally-aspirated yang menyemburkan daya dengan halus tanpa sendatan disemua putaran mesin. Ini membuat power mengalir melewati sasis dengan lebih baik yang akhirnya memperbaiki traksi dan akselerasi. 

Sasis yang lebih kaku (torsional rigidity lebih baik) meningkatkan handling mobil dalam hal keseimbangan. Ini menempatkan peran pengemudi lebih menentukan, tidak lagi didominasi alat bantu elektronik seperti mobil-mobil modern lain. 

Type R mengharamkan sistem pembantu pengemudi seperti kontrol traksi, kontrol stabilitas atau sistem penggerak empat roda karena memisahkan pengemudi dengan sensasi pengalaman berkendara dinamis sejati R-Type justru dibangun dengan teknologi cerdas dan relatif sederhana, daripada menjejalinya dengan sekeranjang gadget elektronik. 

Filosofi Type R 

Nama Type-R sebenarnya di pinjam pakai dari idiom milik Honda Motorcycles, dimana huruf R yang ditambahkan ke belakang nama sepeda motornya, mengindikasikan sebagai varian peforma. Contoh, CB-R adalah varian sport dari Honda CB standar. 

Leluhur Type-R adalah Honda NSX-R, versi ringan dan sudah dilucuti fitur-fitur sekundernya yang berbasis supercar NSX (NSX-R diluncurkan 1992 dengan bobot minus 120kg dari NSX standar). Ini adalah respon Honda dari klaim bahwa NSX tidak memiliki cukup tenaga untuk bersaing dengan rival-rivalnya dari Porsche atau Ferrari. 

Yang hendak dibuktikan NSX-R adalah pentingnya power to weight ratio. NSX-R menjadi panduan Honda untuk membangun mobil-mobil berkemampuan tinggi dan setiap generasi Type R dibuat dengan merujuk pada prinsip-prinsip itu bersumber pada NSX-R. Prinsip-prinsip itu dikenal sebagai filosofi Type R. 

Filosofi R-Type bukan membuat mobil dengan power paling besar, atau mobil paling kencang di dunia. Tapi bagaimana menciptakan mobil yang baik secara teknis (well-engineered) yang bisa melahirkan sensasi pengalaman berkendara luarbiasa. Untuk itu setiap Type R harus memilik karakter sbb: 

Racing: Pengemudi bisa mendapat pengalaman menggetarkan seperti yang dirasakan pembalap di kokpit mobil balapnya. 

Involvement; pengemudi harus bisa merasakan feedback suara, respon kemudi, dan hadling serta terlibat aktif didalamnya. Pengemudi harus merasakan sebagai bagian dari mesin itu. Merasakan dan menikmati kendali energi yang dibangkitkan mesin. 

Not just speed; Melaju kencang adalah bagian dari pengalaman dengan Type R, tapi itu bukan segala-galanya. Type R harus memiliki kualitas diatas rata-rata dalam soal perpindahan gear, pengereman, kemudi dan handling. 

Pure; Pengemudi tidak boleh diganggu dengan sistem pembantu pengemudi atau apapun yang mengurangi keterlibatan pengemudi. Benar-benar murni antara pengemudi dan mobilnya. 

Striped-out; Type R tidak dilengkapi dengan pernik mewah seperti navigasi satelit, hands-free telephone, atau pelapis kulit. Type-R harus terlihat dan terasa seperti mobil balap.
   
   Interior


0 comments:

Post a Comment