Pengalaman Adalah Ilmu yang paling berharga

Barner


Advertise 468 x 60

Monday, November 19, 2012

On 12:19 AM by Admin in    No comments

Video server berbasis perangkat komputer yang disebut host yang didedikasikan untuk pengiriman video. Tidak seperti PC atau Mac yang multi aplikasi, video server dirancang untuk satu tujuan, yaitu provisioning video yang digunakan oleh broadcaster. Video Server kelas professional merekam, menyimpan dan memutar kembali beberapa video streaming tanpa mengalami penurunan kualitas pada sinyal videonya.
Broadcast video server yang berkualitas menyimpan ratusan jam kompresi video (dalam berbagai codec) dan melakukan beberapa streaming video yang disinkronisasikan secara serempak dan menawarkan kualitas antarmuka seperti SDI untuk Video digital dan balanced analog XLR untuk audio atau AES/EBU digital audio dan juga time code. Mereka memperbolehkan untuk merekam secara native untuk codec yang sama yang digunakan dalam software editing untuk mencegah waktu yang terbuang selama transcoding.

Broadcast otomatisasi
 

Dalam industry TV broadcast, server yang digunakan menyimpan kualitas gambar siaran dan memungkinkan pengguna untuk mengedit beberapa cerita dengan menggunakan gambar mereka secara bersamaan.
Video server dapat digunakan dalam beberapa konteks, diantaranya
  • Berita : menyediakan berita klip video pendek sebagai bagian dari sebuah situs berita (seperti CNN)
  • Operasi : meningkatkan aktivitas hidup dengan instant replays dan memperlambat gerakan (slow motion) dan highlight (produksi olahraga)
  • Instruksi : menyampaikan materi saja dalam format video
  • Akses public : Kota khusus yang memberikan informasi kepada penduduk melalui sistem kabel
  • Hiburan : memberikan film trailers musik atau video
Fitur
 

Biasanya, video server dapat melakukan hal berikut ini :
  • Injest dari sumber yang berbeda, video kamera (beberapa angle), Satelit Data Feed, disk drive dan video server. Dapat dilakukan di beberapa codec.
  • Penyimpanan sementara atau selamanya video feed.
  • Mempertahankan struktur yang jelas dari semua media yang tersimpan dengan appropriate metadata agar cepat mencari : nama, remark, nilai, tanggal, time code dll
  • Video editing dari berbagai klip
  • Transfer klip video ke server lainnya atau langsung ke playout ( melalui IP interface atau SDI)
  • Umumnya, mereka memiliki beberapa saluran dua arah (merekam dan injest) untuk audio dan video. Sinkronisasi yang sempurna diperlukan untuk mengatur saluran feed.

Video Surveilance
 Dalam konteks pengawasan, IP server mengkonversi video analog menjadi sinyal video IP video stream. IP server video streaming dapat mendigitized video melalui jaringan IP dengan cara yang sama dengan kamera IP. Karena IP video server menggunakan protocol IP, dapat melakukan streaming video melalui jaringan IP yang dapat digunakan, termasuk melalui modem untuk akses melalui telepon atau sambungan ISDN. Dengan menggunakan server video analog yang terpasang ke kamera, video dengan sistem surveillance dapat dikonversi ke dalam jarinan baru dengan sistem IP surveillances baru. Video server dasarnya adalah transmisi/telemetri/pemantauan perangkat. Melihat isi video server dilakukan dengan menggunakan browser web atau dalam beberapa kasus disediakan perangkat lunaknya.

Bagian 2
 
Tektronik telah mempertunjukkan Video Server di depan umum yang pertama di NAB. Menggunakan kompresi JPEG, yang mana poinnya adalah kompresi pada still-image. Dimana dari still frame terbentuk motion video
(video bergerak) dan itulah Motion JPEG. Profile video server tidak hanya diperuntukkan pada pasar terbatas tetapi dinyatakan sebagai suatu pengembangan potensi yang jauh lebih besar yang akan di release ke depan. Tetapi media penyimpanan yang kecil saat itu, kurang efektif bila disebut server, tidak ada interface ke sistim automation dan masih kurang bermutu dibanding VTR di era tersebut. Keraguan akan perangkat itu beralasan kecuali bila ditingkatkan bit rate nya. Semua nya telah direncanakan, kurang lebih satu tahun kemudian perangkat tersebut digunakan sebagai output robotic VTR, memungkinkan back to back playback sepanjang hari dari 10 detik segmen. Pada tahapan bit yang cukup, sebuah penyimpanan kaset tidak diperlukan lagi. Perkembangan ke depan, server banyak dijual dan secara radikal telah merubah industri ini menjadi besar Hari ini kita mendapati hal yang berbeda. Server adalah sebuah produk. Kebanyakan, profile seperti Leitch VR dan Pinnacle Mainstream sudah dapat menyediakan sedikitnya sebuah generasi hardware dan beberapa revisi sistim operasi software. Server besar dan kecil telah menyebar. Dalam beberapa segmen, penggunaan server yang tersebar luas telah memindahkan teknologi yang sudah tua, hampir sepenuhnya dilakukan. Satu yang jelas menyoroti adalah bagaimana server memainkan video di museum dan bahkan kehadirannya dapat mempresentasikan produk display yang dipajang di tempat belanja.

Kapasitas yang telah meningkat dengan harga terjangkau, itupun tanpa mengurangi fitur aplikasi video yang disediakan. Harga peralatan yang murah, retail dan implementasi publik lainnya, akan menjadi hal yang biasa. Dibelakang itu semua, sedikit perkembangan teknologi yang dilakukan atas video dan segalanya dilakukan dengan perhitungan.

Alokasi penyimpanan dengan durasi 2 atau 3 jam, cukup lah sebagai awal bagi server yang beroperasi dengan aplikasi yang terbatas. Chasis dari ukuran storage menjadi penghalang mahalnya perangkat penyimpan. Katakan dengan disk 2GB dan 4GB, sekarang dengan ukuran chasis yang sama menjadi 141GB dan 181GB bahkan sudah berkapasitas Terabyte (TB) dan ini telah menurunkan harga dari ribuan dollar menjadi hanya ratusan dollar  aja, ukuran konfigurasi nya secara dramatik menaikkan pula performanya.

Tidak biasa melihat wujud dasar yang menyimpan 60 ke 70 jam, suatu peningkatan 30 kali lipat dalam satu dekade dengan biaya hampir separuh. Penurunan biaya dan meningkatnya kapasitas bersama-sama telah memindahkan penghalang penyimpanan long-form pada server. Tentu saja dalam empat tahun terakhir banyak sekali rencana besar DIRECTV, seperti Turner Entertainment dan yang lainnya telah membangun arsitektur canggih dengan perekaman dan playout program menggunakan server. Bersama-sama dengan manajemen arsip dan managemen asset media (semua berbasisi IT), telah membuat sangat efisien dengan workflow yang

berbeda.
By John Luff
(Senior vice president of business development for AZCAR)

Bagian 3 
Arsitektur dari storage pada suatu waktu akan menjadi isu utama untuk dipertimbangkan. Kita telah mencapai titik dimana teknologi dan topologi penyimpanan menjadi issu yang lebih sedikit dibanding dengan total biaya yang dikeluarkan. Sebagai contoh di dalam rencana dari Turner Entertainment, sebuah perencanaan komplek tentang penyimpanan copy dalam multi server, dengan redundant (RAID) storage array dan pada DVD serta data pada tape. Probability kehilangan content dengan cara itu sangat lah tidak mungkin sekali. Content akan berpindah dari satu medium ke medium lainnya dibawah pengendalian sofware. Ini menjadi tidak penting lagi mengetahui secara fisik dari copy tersebut, seperti saat mengunakan video tape. Ini cukup untuk mengetahui media penyimpanan tersebut eksis dalam satu atau lebih storage (diharapkan lebih dari satu). Metode penyimpanan sedang bertarung untuk diperdebatkan, NAS, Fiber Channel Storage dan opsi lain yang ditawarkan.

Apa yang terjadi dengan performa dari total sistim,
MTBF dan standar pendukung. Jika anda menghendaki H.264 atau fractals, anda akan mempunyai setting terbatas dari manufactur ketika memilih itu. Jika anda memilih varian MPEG-2, anda dihadapkan pada sejumlah besar pilihan. Jika anda memilih HD (SMPTE 292) I/O, hanya ada sedikit pilihan, tetapi dengan ASI I/O (I atau O) sangat memuaskan.

Memilih sebuah server perlu pertimbangan yang cermat dan medium-term yang dibutuhkan dalam proyek, analisa kebutuhan (I/O, target video performa, penggabungan efek, kemampuan memindahkan file secara langsung via MXF), spesifikasi dari koneksi input dan output (digital dan atau analog, embedded audio, AES, jumlah saluran), identifikasi vendor yang akan melakukan pekerjaan ini, negosiasi harga supaya dapat men support aplikasi dan variasi yang diperlukan diatas. Semua pabrikan yang serius menangani itu akan menunjukkan sistim yang ditawarkan dan biasanya akan juga membantu anda dalam penyediaan data guna meng-analisa kapabilitas kebutuhan bandwidth untuk berbagai variasi konfigurasi.

Terakhir, anda perlu kembali dan melihat kebutuhan lainnya, seperti support interface automation, kapabilitas remote-control, stunt-mode fitur seperti slow motion, ketersediaan waktu tunda ataupun sport-replay sofware jika bisa diterapkan dan semua kebutuhan unik lainnya dalam merencanakan sebuah stasiun televisi. Server bukanlah sebuah komoditas ketika semua faktor dipertimbangkan, tetapi anda akan menemukan ke-unikan konfigurasi terbaik yang dibutuhkan jika anda menganalisa dengan hati-hati dan menyeluruh. Harga pasti bukan satu-satu nya faktor.


0 comments:

Post a Comment