Pengalaman Adalah Ilmu yang paling berharga

Barner


Advertise 468 x 60

Sunday, November 24, 2013

On 8:12 AM by Admin in    No comments
Belakangan ini memang banyak saya liat kerancuan orang dalam mengukur Bandwith yang di beri oleh ISP, mungkin orang yang berlanggan paket internet akan bertanya Tanya apa bener paket yang saya sewa sesuai dengan yang di beri ISP?pertanyaan yang seperti itu terkadang selalu singgah di kuping saya hehehe,bahkan dengan banyaknya sekarang ini

layanan internet burstable atau up to, yang mengakibatkan timbulnya penasaran yang mendalam bagi pelanggan internet untuk mengetahui seberapa besarkah kecepatan internet yang di dapatnya.tapi terkadang banyak yang rancu dalam mengukur kecepatan internet ini dan memaksa saya harus berdebat untuk menjelaskannya secara rinci ke parapelanggan.


Untuk itu ada kalanya kita perlu memahami ukuran ukuran kecepatan internet ini ya walaupun di google tulisan seperti ini sudah banyak yang jelasin tapi tujuan saya kan ini untuk tulisan pribadi toh kalau ada yang baca terserah tak apa apa hehehe jadi maksud saya kalaw saya lupa ya saya tinggal buka blog saya dari pada harus seacrh sana sini toh ini juga demi kebaikan hehehehehe okelah.


Nah ada yang perlu di pahami untuk Paket Langganan internet ini,kita sepakat bahwa untuk menentukan kecepatan internet adalah ukuran yang baku, jadi dalam menentukan besaran bandwidth yang di sewa secara ukuran umum adalah bps (bit per second) bukanlah Bps (byte per second) tanda besar huruf dalam singkatan juga harus di perhatikan, disinilah nanti bibit bibit rancu pada bertumbuhan.ok misalnya ni, kita berlangganan


Bandwidth yang disediakan 512 kbps
Penyelesaian :
1 Byte= 8 bit
512 kbps (bit) / 8 bit : 64 kBps (byte)


sehingga dengan besar bandwidth yang akan disewa itu kecepatan internet yang di peroleh dalam melakukan download adalah 64KBps.


Hal pertama yang perlu disepakai dalam menentukan kecepatan akses internet adalah ukuran baku dalam menentukan besaran badwidth yang disewa. Ukuran umum untuk menentukan bandwidth adalah bps (bit per second) bukan byte per second. Misalnya kita berlangganan 512 kbps (baca 512 kilo bit per second).  Nilai 1 Bype = 8 bit, sehingga 512 kbps =  64 kBps. Sehingga dengan besar bandwidth yang disewa sebesar itu kecepatan koneksi internet yang kita peroleh dalam melakukan download adalah 64KBps.


Selain itu Paket bandwidth yang akan disewa juga akan mempengaruhi hasil dari pengukuran, berikut ini ada beberapa paket yang lazim di pakai :

  1. Paket Dedicated 1:1, Misal pelanggan berkangganan internet dedicated 512kbps 1:1, maka Bandwidth 512 kbps menjadi hak penuh satu pelanggan dan tidak dibagi dengan pelanggan lain.
  2. Paket Dedicated 1:2, misal pelanggan berlangganan internet dedicated 512 kbps 1:2, maka bandwidth 512 kbps dipakai secara bersamaan  untuk dua pelanggan. dua pelanggan bersaing dalam menggunakan bandwidth 512 kbps. Semakin besar pembaginya semakin menurun bandwidth yang diperoleh, namun semakin murah harganya.
  3. Paket Burstable atau Up to, sejumlah bandwith dengan ukuran tertentu dibagi pakai untuk banyak pelanggan. Misal paket Up to 1 Mbps. Satu pelanggan bisa memperoleh bandwidth sampai satu mega bit per second, tetapi biasanya tidak ada garansi minimal bandwidth yang diperoleh. Contoh paket ini adalah telkom speedy. Jadi jangan berharap terlalu banyak memperoleh nilai ukur yang sebesar maksimal yang diberikan. Kalau bisa sampai maksimal keuntungan bagi anda. Dengan lebih sering mengukur kecepatan akses internet paket ini dapat memberikan gambaran rata-rata kecepatan yang diperoleh.
Nah untuk itu jika ingin mengukur kecepatan internet cobalah dengan beberapa hasil test, dengan kata lain jangan hanya satu sumber cobala beberapa sumber agar data semakin valid.

Kebanyakan yang saya lihat orang hanya mengunakan speedtest.net untuk mengukur kecepatan internetnya, hanya satu sumber saja tidak akan mendapatkan data yang sebenarnya, terkadang juga bisa memicu  kerancuan Seberapa jauh kecepatan akses internet antara harapan dan kenyataan, heheheheh


Ok sekarang saya akan coba untuk mengukur access internet yang saya dapat dari ISP, bener apa gk dapat upload 1 Mbps dan download 1 Mbps,Disini saya berlanggan 1 Mbps dedicated dengan kata lain 1:1 artinya 1 Mbps itu hanya untuk saya dan tidak lagi di bagi dengan pelanggan lainnya jadi mentok 1 Mbps buat saya,


Sumber
http://urbandistro.com/mengukur-kecepatan-bandwith-internet-dengan-data-yang-valid

0 comments:

Post a Comment