Pengalaman Adalah Ilmu yang paling berharga

Barner


Advertise 468 x 60

Tuesday, January 21, 2014

On 11:33 PM by Admin in ,    No comments
Kali ini  info dan tips jika elektrik starter ngadat,capek juga kalo ngidupin motor mesti nendhang pakai pedal kick starter,,,apa lagi motor kapasitas besar rasanya buat ngengkol berat banget,,,,,

Faktor starter elektrik starter bisa ngadat karena ;
  1. aki soak
  2. bendik starter rusak
  3. arang dinamo starter habis karena aus.
Kali ini kang ari mau praktekin di motor shogun ,pertama cek kondisi aki dulu kang bro,,,,aki bisa menghidupkan dinamo starter jika tegangan minimal 12,4 volt jika dibawah itu maka dipastikan elektrik starter ngadat, jika aki tipe basah tambahkan air aki jika sudah di bawah batas ‘’lower’’ .kemudian cek besarnya tegangan aki,jika dibawah 12,4 volt maka wajib di cas,,,jika sudah di cas tapi aki tekor lagi,,,,mau nggak mau beli aki baru.

  
 

Lanjut jika aki sudah OK tapi elektrik starter masih belum bisa maka cek kondisi bendiknya ( relay starter) caranya,pakai poket tester lalu stel di posisi volt untuk mengukur tegangan,kabel hitam tester di tempelkan ke massa aki / rangka motor,kabel merah tester di tempelkan ke kabel dibendik yang menuju ke dinamo (tempelkan tepat pada kabel di dinamo) kemudian pencet tombol starter,,,jika tester menunjukan angka 12 volt maka bendik normal tapi jika angka di tester 

tetap ‘’0’’ maka bendik rusak.Jika bendik rusak mesti ganti baru,,,untuk shogun kisaran 90 ribuan.

Jika bendik sudah OK tapi dinamo tidak mau muter juga maka dipastikan mesti ganti arang dinamonya.Harga arang dinamo shogun kisaran 50 ribuan yang after market/indopart Cuma 20ribu,untuk pemasangannya ke mekanik saja jika kang bro sudah biasa bongkar2 motor sendiri ,,, lepas dinamo dari motor,jika sudah lepas dari motor kemudian buka 2 baut di pantat dinamo,kemudian lepas arangnya pakai obeng kembang.jika arang sudah lepas,,,bersihkan dinamo terutama bagian dalam/magnet dan gulungan kabelnya(as dinamo),,bersihkan dengan bensin jika sudah bersih amplas bagian commuter / tembaga yang bersinggungan dengan arang starter. Jika sudah bersih kemudian pasang arang yang baru kemudian rakit lagi dinamonya.

Untuk motor lain pada saat pelepasan dan pemasangan arangnya ada satu arang yang harus dilepaskan menggunakan solder saat pelepasan arangnya dan juga saat pemasangannya.

Tips ini bisa untuk semua motor kang bro,,,semoga bermanfaat,,,

0 comments:

Post a Comment